Selasa, 18 Maret 2014

Memasuki minggu UTS!!

Huaahh..mendadak udah UTS ajaa.... T_T

Kampusku emang berjadwal paling cepet dari kampus-kampus lain, dari UTS, UAS..semua lebih cepet dr yang laen!

Enaknya sih, ya, LIBUR lebih dulu juga ntar!! hehee...


Yaaaappp!! Rabu kemarin sih, kita review kilas balik tentang minggu sebelumnya, pas kita rame-rame berkunjung ke Kelurahan Baratajaya di deket kebon bibit sana. Pak dosen memastikan kita, nggak salah kira tentang, siapa yang ambil role sebagai pebisnis sosial, Pak Murna, atau ibu-ibu setempat? Tentu saja Pak Murna yaa..secara beliau yang membimbing dan membantu ibu-ibu yang berbisnis home industry agar dapat lebih berkembang.

Kita juga membahas, pengalaman apa saja yang dapat kita petik dari kunjungan minggu lalu, lalu berdiskusi tentang apa yang dapat kita lakukan untuk membantu. Apa juga yang terpikirkan, dan kita rasakan, agar dapat lebih luas lagi melihat dan mengembangkan peluang-peluang yang ada.

Selanjutnya, Para Dosen menjelaskan tentang apa itu Impact Canvas, dan perbedaannya dengan BMC (Business Model Canvas) yang telah saya pelajari lebih dulu dari semester 1. Secara umum, Impact Canvas itu gini :



Impact Canvas

1. Overview – Motivasi yang melatarbelakangi perubahan
2. Value Proposition – Nilai yang ditawarkan
3. Mission – visi dan misi yang ingin dicapai, tujuan
4. Stakeholder – para pihak yang terlibat dan mendukung
5. Income Generation – bagaimana cara mendapatkan pendapatan?
6. Lever of Change – apakah bisnis tersebut bisa dikembangkan dan berkelanjutan?


Selanjutnya!! Tantangan buat UTS kitaaa~~!!

Wawancara salah satu dari perusahaan-perusahaan yang terkait sosial juga :
  • DETeksi - Jawa Pos
  • Tangan Diatas (TDA)
  • Radio Suara Surabaya
  • Koperasi Wanita "Setia Bhakti Wanita"
  • Dompet Dhuafa
  • Rumah Duka Adijasa
  • Ario (peti mati)
Masing-masing perusahaan memiliki keunikan kan cara yang berbeda dalam memberikan dampak sosial bagi masyarakat, misalnya DETeksi Jawa Pos yang menargetkan meningkatkan minat baca koran anak muda di Surabaya, Radio Suara Surabaya yang cukup berpengaruh di Surabaya, Rumah Duka Adijasa yang sangat membantu prosesi pemakaman, dan lain-lain yang menarik untuk digali lebih dalam.

Yang harus kita carii! Coba gali tentang peluang yang ada dari bisnis tersebut, inovasi yang ada, dan bagaimana cara menghadapi resiko yang ada..plus visi misi dan impact canvas dari perusahaan yang telah kita pilih, melalui wawancara secara langsung.

Saya dan teman saya memilih mewawancarai Radio Suara Surabaya. Mengapa? Suara Surabaya merupakan radio yang memiliki pengaruh yang besar, dan juga, seperti yang sudah di jelaskan para Dosen, Suara Surabaya berhasil merubah paradigma "bukan sekedar radio" yang acaranya itu-itu saja, namun lebih merubah ke fungsi radio sebagai media sosial yang sangat berguna bagi masyarakat luas.

Setelah mendapat surat pengantar dari pihak kampus, kita berhasil menyampaikan surat itu langsung ke pihak Suara Surabaya (walaupun kita datang hari minggu, dan ternyata kantornya tutup sehingga kita nitipin suratnya, heheh -_-) tapi akhirnya Rabu besok, setelah konfirmasi ulang, kita mendapat juga kesempatan wawancara! Deg Deg-an gitu dehh..gimana besok yaaa...??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar